Berita
Sosialisasi dan Penyuluhan Sistem Pertanian Aquaponik Oleh Mahasiswa KKN UPS Tegal dan Dinas Pertanian Pemalang

Sosialisasi dan Penyuluhan Sistem Pertanian Aquaponik Oleh Mahasiswa KKN UPS Tegal dan Dinas Pertanian Pemalang

Senin, 12 September 2022 di Kantor Balai Desa Kebanggan telah diadakan sosialisasi dan penyuluhan sistem pertanian aquaponik. Kegiatan ini diiniasiasi oleh mahasiswa KKN UPS Tegal dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang melalui Badan Penyuluh Pertanian untuk wilayah Kecamatan Moga.

Ada pun, sistem pertanian aquaponik adalah sistem pertanian masa depan yang menggabungkan hidroponik dan budidaya ikan dalam satu wadah. Proses di mana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan, yang jika dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikan. Tanaman akan berfungsi sebagai filter yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya dan kaya akan oksigen.

Siklus ini akan terjadi terus menerus dan saling menguntungkan. Selain itu, pemanfaatan lahan untuk aquaponik tidak terlalu luas. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan terbatas mereka.

Selain itu, sistem pertanian aquaponik bertujuan meningkatkan ketahanan pangan sehari-hari masyarakat Desa Kebanggan. Karena dari pertanian aquaponik, masyarakat bisa mendapat protein hewani dan nabati sekaligus.

Pada kegiatan tersebut, masyarakat terlihat antusias terutama ibu-ibu. Pemerintah Desa Berharap dengan adanya sosialisasi dan penyuluhan tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat Desa Kebanggan. Diakhir kegiatan, mahasiswa juga memberikan media pertanian aquaponik buatan mahasiswa kepada pemerintah Desa Kebanggan.

Mahasiswa dan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang memaparkan sistem pertanian aquaponik hasil buatan mahasiswa.
Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.