Berita
<strong>HARGA TELUR AYAM MENINGKAT!! MAHASISWWA UNDIP MELAKUKAN PENYULUHAN TELUR ASUH</strong>

HARGA TELUR AYAM MENINGKAT!! MAHASISWWA UNDIP MELAKUKAN PENYULUHAN TELUR ASUH

Pemalang (27/01) –  Mahasiswa KKN Tim I Undip tahun 2023 dari Program Studi Peternakan mengadakan program Pembinaan Teknis Telur Asuh untuk Mencukupi Kebutuhan Gizi Masyarakat di Desa Kebanggan dengan sasaran para masyarakat desa khususnya ibu- ibu PKK.

Program pembinaan teknis telur asuh ini dilakukan agar masyarakat khususnya ibu- ibu dapat menjaga kualitas telur yang telah dibeli. Hal ini dilakukan karenakan telur yang dijual di warung berasal dari luar daerah sehingga rentan mengalami kerusakan selama proses transportasi dan penyimpan. Dalam penyuluhan dijelaskan mengenai pengertian telur, konsep asuh, kerusakan pada telur dan pengujian telur. 

Program penyuluhan telur asuh dilakukan dengan survey mengenai peternakan petelur yang ada Di Desa Kebanggan. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyusunan materi dan output berupa leatflet. Setelah semua penyusunan materi mengenai telur asuh dilanjutkan sosialisasi di depan Ibu-Ibu PKK. Program ini dilaksanakan di Rumah salah satu Ibu- ibu PKK pada hari Jum’at tanggal 27 Januari 2023 dan tidak lupa dibagikan leatflet yang sudah dibuat. Peserta sosialisasi ini sebanyak 35 orang dan dilanjutkan sosialisasi mengenai telur asuh dan sesi tanya jawab.

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi karena harganya yang relative murah, ketersediaan dipasar yang tercukupi, produk hewani yang fleksibel dikonsumsi dan telur memiliki kualitas nutrisi yang dapat bertahan lama. Telur dengan konsep asuh yang artinya aman, sehat, utuh dan halal. Maksud dari aman yaitu bahan pangan asal heani tidak mengandung bahaya biologis, kimiawi dan fisik yang dapat menyebabkan penyakit. Sehat yang memiliki arti bahan pangan asal hewani harus memiliki nutrisi protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin dengan jumlah yang seimbang. Utuh memiliki arti bahan pangan asal hewani tidak tercapur bagian lain dari hewan tersebut dan sesuai dengan deskripsi label. Dan yang terakhir mengenai konsep halal. Halal ini sangat penting karena mayoritas masyarakat di Indonesia beragama muslim dan harus makan makanan yang bergizi juga halal. 

Harapan dilakukannya program sosialisasi telur asuh yaitu masyarakat khususnya ibu- ibu dapat mengerti mengenai cara memilih dan menyimpan telur yang baik agar tetap aman untuk dikonsumsi. 

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *